Olimpiade Sains Nasional 2022 SD-SMP Diadakan, Persiapkan Bakat Muda Sektor Sains

Olimpiade Sains Nasional 2022 SD-SMP Diadakan, Persiapkan Bakat Muda Sektor Sains

Olimpiade Sains Nasional 2022 SD-SMP Diadakan, Persiapkan Bakat Muda Sektor Sains

Olimpiade Sains Nasional 2022 SD-SMP Diadakan, Persiapkan Bakat Muda Sektor Sains

Olimpiade Sains Nasional 2022 SD-SMP Diadakan, Persiapkan Bakat Muda Sektor Sains – Kementerian Pengajaran, Kebudayaan, Penelitian, dan Tehnologi (Kemendikbudristek) lewat Balai Peningkatan Bakat Indonesia (BPTI) kembali melangsungkan Olimpiade Sains Nasional (OSN) Tahun 2022 pada 1-7 Agustus 2022 secara hibrida. Persaingan ini mengarah peserta tingkatan Sekolah Dasar (SD), Madrasah Ibtidaiyah (MI), Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan Madrasah Tsanawiyah (MTs). Adapun mata pelajaran yang dikompetisikan yaitu Matematika dan Pengetahuan Pengetahuan Alam (IPA) untuk SD/MI dan tambahan IPS untuk SMP/MTs yang keseluruhnya dikerjakan secara test teori dan pengamatan.

Di depan 797 peserta yang siap ikuti OSN 2022, Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek, Suharti sampaikan jika hal yang bisa memberikan dukungan prestasi selainnya kepandaian adalah sikap nonakademik yang bagus. “Bukan hanya pintar, tapi juga gigih, inovatif, dan jujur dan sportif. Kalah atau menang ialah dalam persaingan itu biasa,” tutur Suharti saat buka acara OSN 2022, Senin (1/8/2022), dikutip dari situs Kemendikbudristek. Suharti mengharap dari persaingan OSN 2022 akan lahir peraup Nobel Sektor Sains di periode kedepan. “Lepas hasil dari OSN, kalian menurut saya ialah juara, dan individu keinginan Indonesia,” sebut Suharti. Suharti sampaikan jika Kemendikbudristek memiliki komitmen untuk selalu memberikan fasilitas angkatan penerus bangsa dalam bereksperimen di bagian Pengetahuan Pengetahuan dan Tehnologi (Iptek). Loyalitas itu termasuk menggerakkan akses pengajaran berkualitas untuk anak-anak Indonesia di semua penjuru tanah air.

“OSN ini ialah satu tempat untuk anak-anak Indonesia bisa sama-sama mengenali dan belajar hal baru dan memperlihatkan kekuatannya dan manfaatkan ini sebagai fasilitas untuk menambahkan rekan baru, membuat persahabatan, supaya anak-anak dapat bersama pelajari sains,” ungkapkan Suharti. Jumlah peserta bertambah Dalam pada itu, Kepala BPTI Kemendikbudristek, Asep Sukmayadi memberikan laporan jika awal tahun 2022, penerapan OSN akan difasilitaskan oleh BPTI sebagai Unit Eksekutor Tehnis (UPT) dari Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kemendikburistek. “Walau di situasi wabah, keseluruhan peserta yang ikuti tingkatan SD sekitar 272 pelajar, di tingkatan SMP sekitar 525 pelajar, bahkan juga Sekolah Indonesia di Luar Negeri (SILN) ikut serta dalam OSN 2022 yakni Sekolah Indonesia Cairo,” urai Asep. Asep menambah sesungguhnya gelaran OSN 2022 bisa tingkatkan kesayangan pelajar pada slot online yang sering kasih jackpot sains dan matematika sekalian searah dengan implikasi program Merdeka Belajar. “Lewat OSN 2022, kita bisa mengenali dan dipilih bakat muda sektor sains dan matematika yang nanti akan kita beri pembimbingan untuk ikuti persaingan/olimpiade tingkat dunia,” tegas Asep. Dalam peluang terpisah, Dosen Kampus Negeri Jakarta sebagai juri IPA tingkatan SD, Riser Fahdiran mengutarakan jika ketertarikan kesertaan peserta pada tahun 2022 semakin bertambah. “Registrasi kesertaan tahun ini bertambah karena sekolah bisa mendaftarkan langsung, sedikit birokrasi yang dilalui,” tegas Riser menggerakkan peserta dan pengiring untuk selalu memprioritaskan kejujuran saat bersaing.