Asal Usul dari Pekan Olahraga Nasional PON I

Asal Usul dari Pekan Olahraga Nasional PON I

Asal Usul dari Pekan Olahraga Nasional PON I – Olahraga Nasional ataupun yang disebut dengan nama PON merupakan salah satu pesta olahraga terbesar untuk tingkat nasional yang dilakukan di Negara Indonesia setiap 4 tahun sekali.

PON ini pun diselenggarakan mengingat dengan tingginya semangat dari masyarakat Indonesia dalam bidang olahraga yang dimana bisa sangat berguna bagi masyarakat Indonesia dikarenakan dapat sebagai sarana perjuangan dan juga pembangunan.

Sejarah dan Asal Usul dari Pekan PON I Indonesia

Asal Usul dari Pekan Olahraga Nasional PON I

Di Indonesia pertama kali PON diadakan di Solo tepat di tahun 1948 yang merupakan hari pertama dilakukannya PON I di Indonesia. Adapun bendera PON itu pun dibawa langsung dari Yogyakarta ke Solo pada tanggal 9 September 1948 di pukul 06.30. Kemudian bendera PON ini dibawa ke Stadium Sriwedari Solo dan diresmikan secara langsung oleh Presiden Soekarno untuk memulai acara PON I di Indonesia.

Asal Usul dari Pekan Olahraga Nasional PON I

Kemudian berselang 35 tahun setelahnya Presiden Soeharto meresmikan dan menetapkan tanggal 9 Sep 1983 menjadi Hari Olahraga Nasional yang akan diperingati setiap tanggal 9 September setiap tahunnya. Sebagai informasi tanggal tersebut adalah tanggal pembukaan PON I di tahun 1948 di Solo menurut sumber Suratkabar Kompas tertanggal 10/9/1983.

Dalam acara Pekan Olahraga PON ini dibuka dengan sambutan luar biasa meriah dikarenakan banyak peserta yang berasal dari Pulau Jawa dan sebagian dari Sumatera dan Kalimantan. Hal itu pun turut disampaikan Mantan Presiden Soeharto yang sangat menjunjung tinggi olahraga dalam rangka membina anak bangsa menuju dan mendapatkan prestasi tertinggi di level international

Asal Usul dari Pekan Olahraga Nasional PON I

Dan disebutkan juga bahwa PON I ini merupakan awal mulanya dari sejarah dan persatuan serta perkembangan Olahraga Nasional di Indonesia yang menandai perkembangan olahraga Indonesia ke tingkat level tertinggi. Itu pun dikarenakan pada setiap aara PON maka semua federasi olahraga lainnya akan bergabung dan bersama sama membina atlet terbaiknya untuk menjadi juara di tingkat Nasional mewakili daerahnya masing masing.

BACA artikel berikutnya tentang cabang cabang olahraga dalam olimpiade dunia